LAPORAN
PELAKSANAAN KEGIATAN
KELOMPOK
KERJA GURU ( KKG )
BULAN
MARET 2014

NIP : 19760712 200003 1 001
MI
NEGERI SENDANGLO SIMO KAB. BOYOLALI
(Madrasah Kebanggaan Kita)
Alamat : Sendanglo Temon
Kecamatan Simo
e-mail :
minsendanglo@jateng.kemenag.go.id
Boyolali
Kode Pos 57377
HALAMAN
PENGESAHAN
Laporan Kelompok Keja
Guru ( KKG ) telah disahkan oleh Kepala Madrasah
Ibtidaiyah Negeri Sendanglo Simo Kab. Boyolali pada :
Tanggal :
Tempat :
.
Mengetahui,
Kepala MI Negeri Sendanglo Simo Kab. Boyolali
Drs. Sugiyanto
NIP. 19661030 199503 1 002.
KATA PENGANTAR
ÉOó¡Î0 «!$# Ç`»uH÷q§9$# ÉOŠÏm§9$#
Alhamdulillah,
segala puji bagi Allah, Tuhan Semesta Alam. Puji dan syukur senantiasa penulis
panjatkan kehadirat Allah SWT. karena limpahan hidayah serta Rahmat-NYA sehingga
penulis dapat menyelesaikan penulisan laporan KKG ke I.
Penulisan
laporan KKG ini selain sebagai bukti fisik akan keikutsertaan dalam KKG juga
sebagi bahan untuk mengingat kembali akan materi yang telah diterima selama
kegiatan KKG. Selain itu laporan ini juga digunakan sebagai administrasi
terhadap apa yang telah dituliskan dalam SKP masing-masing pegawai.
Tak lupa penulis
mengucapkan terimakasih pada :
1.
Drs. Sugiyanto,
selaku kepala Madrasah Ibtidaiyah negeri sendanglo Simo Kab. Boyolali yang telah
member dukungan untuk penulisan laporan KKG ke I yang telah dilkasnakan pada
Bulan Maret 2014.
2.
Rekan-rekan
dewan Guru Madrasah Ibtidaiyah Negeri Sendanglo yang telah memberikan bantuan
serta saran dalam penulisan laporan KKG ke I ini.
3. Serta berbagai pihak yang telah membantu
menyelesaikan penulisan lapran KKG yang
tidak dapat penulis sebutkan satu persatu.
Penulis
menyadari bahwa penulisan laporan kegiatan KKG ke I ini masih jauh dari
sempurna. Kritik dan saran yang membangun sangat penulis harapkan demi
perbaikan laporan serupa di masa yang akan datang.
Sendanglo 2014
Penulis
DAFTAR ISI
Halaman
Halaman Judul
Halaman Pengesahan
Kata Pengantar
Daftar Isi
BAB I PENDAHULUAN
A.
Latar Belakang………………………………………………...
B.
Tujuan………………………………………………………….
C.
Hasil yang
diharapkan…………………………………………
D.
Sasaran………………………………………………………....
E.
Manfaat ………………………………………………………..
BAB II PELAKSANAAN PROGRAM
A.
Tempat ………………………………………………………...
B.
Waktu…………………………………………………………
C.
Kegiatan……………………………………………………….
D.
Peserta…………………………………………………………
E.
Penyaji/Nara
Sumber / Fasilitator……………………………..
F.
Strategi dan
Metode Pelaksanaan Kegiatan……………….......
G.
Masalah………………………………………………………...
H.
Pemecahan
Masalah……………………………………….......
BAB III HASIL PELAKSANAAN
KEGIATAN…………………
BAB IV KESIMPULAN DAN REKOMENDASI………………..
A.
Kesimpulan…………………………………………………….
B.
Rekomendasi ………………………………………………….
LAMPIRAN – LAMPIRAN
A.
Daftar Hadir
Peserta
B.
Foto-foto Kegiatan
BAB I
PENDAHULUAN
A. Latar Belakang
Program Bermutu diluncurkan dengan berfokus
pada nilai tambah reformasi guru yang digagas pemerintah, dengan memperkuat
hubungan antara proses sertifikasi dan pemberian tunjangan profesi untuk
percepatan proses pembelajaran siswa. Kondisi pembelajaran di MIN sendanglo Simo Kab. Boyolali secara
umum masih perlu pembenahan. Mulai dari kualitas kelulusan siswa yang masih
relative rendah dan bahkan nilai rata-rata kelulusan pada tingkat sekolah dasar
masih jauh dari harapan. Sehingga kualitas pembelajaran juga masih rendah, ,
serta peran serta masyarakat akan pentingnya pendidikan juga masih sangat
minim. Oleh karena itu peningkatan mutu pendidikan dilaksanakan oleh MIN sendanglo Simo Kab. Boyolali
dilakukan secara simultan terhadap berbagai pihak yang berkompeten secara
langsung, yaitu pengawas, kepala sekolah dan guru. Peningkatan mutu pada
komponen-komponen tersebut pada ujungnya berimplikasi terhadap peningkatan
kualitas lulusan siswa sebagai outputnya. Pada tataran implementasinya
kegiatan-kegiatan peningkatan mutu tersebut haruslah memenuhi standar-standar
mutu yang telah ditetapkan.
Penjaminan
mutu sebagai suatu proses penetapan dan pemenuhan standar mutu pengelolaan
secara konsisten dan berkelanjutan agar konsumen, produsen, dan pihak lain yang
berkepentingan memperoleh kepuasan, haruslah melekat pada setiap komponen
terutama guru sebagai ujung tombak pelaksanaan pendidikan.
Untuk itu MIN Sendanglo
Simo Kab. Boyolali mengadakan program kegiatan Kelompok Kerja Guru ( KKG ).
Dengan kondisi di atas kemampuan anggota KKG perlu ditingkatkan demi adanya
perbaikan pembelajaran yang pada muaranya adalah tercapainya tujuan pendidikan
nasional. KKG sebagai salah satu wadah organisasi profesi menjadi wahana para
anggota untuk meningkatkan kompetensi sebagai tenaga profesi pendidik. Hal ini
tidaklah mudah karena banyak permasalahan dan kendala yang dihadapi, beberapa
masalah yang dihadapi oleh kelompok kerja ini adalah sebagai berikut:
Oleh karena itu
KKG MIN sendanglo Simo Kab. Boyolali melakukan beberapa kegiatan yang tujuannya
adalah memecahkan masalah yang dihadapi oleh anggota KKG baik dalam pelaksanaan
tugas dalam pembelajaran ataupun yang berkaitan dengan profesioanalisme seorang
guru. Dengan memperhatikan kondisi guru di g MIN sendanglo Simo Kab. Boyolali saat ini dan tuntutan standar guru yang ditetapkan pemerintah, masih
terdapat kesenjangan yang lebar. Dengan demikian adanya pemberdayaan guru
melalui
Beberapa program yang telah dilaksanakan
merupakan suatu usaha KKG dalam meningkatkan kinerja dan kompetensi guru.
Kegiatan ini berupa kegiatan rutin dan kegiatan pengembangan. Kegiatan rutin
adalah kegiatan yang berhubungan dengan tugas-tugas guru yang selalu
dilaksanakan setiap tahun, seperti: penyusunan program tahunan, program
semester, penyusunan silabus, penyusunan
RPP dan penyiapan instrumen evaluasi. Kegiatan Pengembangan adalah kegiatan
yang berhubungan dengan peningkatan kualitas guru seperti:, workshop dan
seminar. Kegiatan-kegiatan tersebut dilaksanakan secara rutin setiap bulan
dengan frekuensi kegiatan yang telah diatur dalam program kerja KKG.
B.
Tujuan
Adapun tujuan kegiatan KKG di MIN
Sendanglo Simo Kab. Boyolali ini adalah sebagai berikut:
C.
Hasil
yang Diharapkan
Kegiatan
KKG di MIN Sendanglo Simo Kab.
Boyolali diharapkan dapat meningkatan kompetensi dan kinerja . Hasil yang
diperoleh setelah kegiatan berupa:
D.
Sasaran
Pemberdayaan
guru melalui KKG memiliki sasaran kepada semua guru untuk Satuan Pendidikan MIN Sendanglo Simo Kab. Boyolali sebanyak 12 guru Adapun kategori guru sasaran program KKG ini
sebagai berikut:
a.
Kualifikasi Akademik
Dari 14 anggota
yang berkualifikasi S2 belum ada, S1 sebanyak 12 orang, dan Setingkat SMA
sebanyak 2 orang
b.
Kompetensinya
Kompetensi guru
di MIN Sendanglo Simo Kab.
Boyolali sudah cukup bagus.
c.
Kondisi Sekolah atau Madrasah
Kondisi Madrasah
atau sekolah MIN Sendanglo Simo
Kab. Boyolali sudah cukup bagus dan memadai. Hal ini
tercermin dari kondisi fisik, sarana-prasarana, dan prestasi sekolah.
d.
Kinerja
Kinerja
para Guru di MIN Sendanglo Simo Kab. Boyolali sudah cukup bagus karena sebagian besar
tenaga pendidik atau guru di MIN Sendanglo Simo Kab. Boyolali adalah guru yang
professional atau sudah sertifikasi
E.
Manfaat
1
Bagi Guru
Meningkatnya kompetensi akademik, ocialic, kepribadian dan ocial,
sehingga pembelajaran yang dilakukan guru aktif kreatif inovatif efektif dan
menyenangkan siswa.
2
Bagi Siswa
Meningkatnya kualitas pembelajaran yang akan meningkatkan kualitas
lulusan
4. Bagi
Sekolah
Meningkatnya kualitas pembelajaran dan
percepatan pencapaian standar nasional pendidikan.
BAB II
PELAKSANAAN PROGRAM
A.
Tempat
Seluruh
kegiatan program KKG di MIN
Sendanglo Simo Kab. Boyolali dilaksanakan di dalam ruang kelas. Ruang kelas
yang digunakan adalah diruang kelas III.
B.
Waktu
Waktu pelaksanaan
kegiatan KKG di MIN Sendanglo Simo Kab. Boyolali adalah mulai Bulan Maret 2014
sampai dengan Desember 2014. Setiap bulan dilaksanakan KKG sebanyak satu kali
yaitu pada hari Rabu Minggu ke-3 setiap bulannya.
Adapun jadwal pelaksanaan kegiatan sebagai
berikut:
C.
Kegiatan
Kegiatan KKG
di MIN Sendanglo Simo Kab.
Boyolali berupa pembahasan mengenai perangkat pembelajaran dan administrasi
pelaporan atau bukti fisik dari SKP. Tetapi tidak menutup kemungkinan untuk
membahas masalah di luar itu.
2. Peserta
Peserta
kegiatan ini adalah semua guru dan karyawan di MIN Sendanglo Simo Kab. Boyolali yang berjumlah 15 orang peserta. ( Daftar hadir peserta terlampir )
3. Penyaji/ Narasumber/ Fasilitator
Narasumber/
Penyaji/ Fasilitator dalam kegiatan ini berasal dari Guru yang ada di MIN Sendanglo Simo Kab. Boyolali. Sebagian materi yang disajikan adalah
permasalahan-permasalahan yang ada di MIN Sendanglo Simo Kab. Boyolali.
4.
Strategi dan Metode Pelaksanaan Kegiatan
Pelaksanaan program dilaksanakan secara
mandiri oleh MIN Sendanglo
Simo Kab. Boyolali dengan memanfaatkan sumber daya manusia yang
ada di MIN Sendanglo Simo Kab. Boyolali.
Dalam pelaksanaan kegiatan, selama ini narasumber berasal dari MIN
Sendanglo Simo Kab. Boyolali.
Pelaksanaan program bertujuan untuk meningkatkan kompetensi guru MIN
Sendanglo Simo Kab. Boyolali, memfasilitasi kegiatan positif para guru MIN
Sendanglo Simo Kab. Boyolali yang pada muaranya bertujuan untuk meningkatkan kualitas
pendidikan.
Strategi pelaksanaan program dilakukan melalui : pelaksanaan
program, evaluasi program dan tindak lanjut. Kegiatan dilaksanakan sesuai
dengan kondisi sarana dan prasarana yang ada di MIN Sendanglo Simo
Kab. Boyolali.
Metode
pelaksanaan kegiatan berupa kegiatan ceramah, penugasan kelompok, pemberian
tugas mandiri, dan diskusi.
D.
Penggunaan Dana
Untuk pelaksanaan KKG di MIN
Sendanglo Simo Kab. Boyolali sumber dana berasal dari masing-masing nara sumber
atau pemateri. Hal ini dikarenakan selama ini belum ada subsidi dana dari
sekolah atau madrasah untuk kegiatan KKG ini
E.
Masalah
Beberapa
masalah yang dirasakan dalam pelaksanaan KKG di MIN Sendanglo Simo Kab. Boyolali sebagai berikut:
1)
Kurangnya
pemahaman nara sumber atau pemateri terhadap materi yang dibawakanya..
2)
Kurang
mampunya nara sumber dalam mengaplikasikan komputer sehingga sebagian
penjelasanya bersifat manual..
3)
Ada
sebagian peserta yang kurang aktif dalam mengikuti kegiatan KKG.
F.
Pemecahan Masalah
Dari
masalah-masalah yang timbul di atas, solusi yang dilaksanakan sebagai berikut:
1)
Melaksanakan
kegiatan KKG secara teratur dan dalam pelaksanaanya bersifat sharing sehingga
saling melengkapi..
2)
Melaksanakan
KKG dengan menggunakan komputer sedikit demi sedikit sehingga lama kelamaan
akan lancar.
3)
Mengadakan
koordinasi dengan kepala madrasah dan pengurus untuk memotivasi peserta agar
dapat aktif dalam kegiatan KKG.
BAB III
HASIL PELAKSANAAN KEGIATAN
A.
Pertemuan Pertama
KKG
di MIN Sendanglo Simo Kab. Boyolali pertama
dilaksanakan pada tanggal 19 Maret 2014. Sebagai pemateri adalah kepala MIN
Sendanglo Simo Kab. Boyolali yaitu Drs. Sugiyanto.
B.
Kegiatan
inservice dilaksanakan berturut-turut selama tiga hari dalam kegiatan ini
peserta memperoleh materi-materi pengenalan seperti: KTSP, Pengenalan Case
Study, Pengenalan PTK, Pengenalan Lesson Study, Media Pembelajaran, Metode
Pembelajaran, Penilaian Pembelajaran, Perangkat Pembelajaran, Tematik dan ICT.
Kegiatan ini merupakan kegiatan untuk memberi stimulasi pada peserta untuk
mengingat kembali materi-materi yang telah pernah diterima sebelumnya dan
mempersiapkan beberapa materi yang berkaitan dengan kegiatan selanjutnya yaitu
kegiatan onservice yang terdiri dari dua materi utama yaitu PTK dan ICT.
Hasil yang
diperoleh adalah berupa pengetahuan dasar yang mendukung peserta untuk
melaksanakan Penelitian Tindakan Kelas ( PTK ).
C.
Kegiatan Onservice
Kegiatan
Onservice terbagi dalam 8 ( delapan ) pertemuan masing-masing pertemuan
membahas materi yang berbeda.
1.
Pertemuan
1 ( Pengenalan Pola Pembinaan Guru Melalui Program Bermutu )
Pada pertemuan ini disampaikan
materi Pengenalan Pola Pembinaan Guru Melalui Program Bermutu sebagai langkah
awal pada kegiatan onservice. Hasil yang diperoleh adalah peserta dapat memahami
hakikat Belajar Model BERMUTU, memiliki kemampuan mengkaji pengajaran dan
pembelajaran, serta terampil menyusun Case
Study. Pada akhir pertemuan 1
nanti peserta menghasilkan Case Study. ( Contoh hasil Case Study terlampir )
2.
Pertemuan
2 ( Identifikasi Masalah )
Pertemuan 2 ( dua ) membahas
materi identifikasi masalah. Setiap peserta akan menghasilkan rumusan masalah
PTK yang dihasilkan dari mengidentifikasi masalah yang ada pada Case Study yang
telah disusun.
Dalam pertemuan ini juga
peserta memperoleh materi menganalisis bacaan secara kritis. Hasil yang
diharapkan adalah peserta dapat melakukan kajian kritis ( contoh beberapa
kajian kritis peserta terlampir )
3.
Pertemuan
3 ( Perencanaan Tindakan )
Dalam pertemuan 3 ( tiga )
peserta akan menghasilkan rencana tindakan yang disusun berdasarkan rumusan
masalah yang dihasilkan pada pertemuan 2 ( dua ). Rencana tindakan yang dihasilkan berupa Rencana
Pelaksanaan Tindakan ( RPP ) dan instrumen penelitian.
4.
Pertemuan
4 ( Pelaksanaan Tindakan )
Pertemuan 4 ( empat )
dilaksanakan dengan bentuk Open Class yakni salah satu guru peserta menjadi
guru model untuk mengimplementasikan RPP yang disusun dalam pembelajaran di
kelas. Guru peserta yang lain menjadi observer. Pelaksanaan Open Class
menggunakan model Lesson Study yang mana setelah pelaksanaan pembelajaran maka
guru peserta akan melaksanakan diskusi refleksi diri. Hasil yang diperoleh
dalam kegiatan ini adalah guru
peserta terampil melaksanakan
rencana tindakan perbaikan pembelajaran dalam bentuk open class, mengobservasi pembelajaran untuk mengumpulkan data,
melakukan diskusi refleksi
5.
Pertemuan
5 ( Analisis dan Interpretasi Data )
Kegiatan 5 ( lima ) ini
menghasilkan analisis dan interpretasi data yang diperoleh dalam open class
pada pertemuan 4
6.
Pertemuan
6 ( Refleksi dan Tindak Lanjut )
Pertemuan 6 ( enam )
menghasilkan refleksi terhadap pelaksanaan open class masing-masing peserta.
Refleksi yang dihasilkan menjadi bahan pertimbangan untuk merumuskan tindak
lanjut pada siklus berikutnya. Pertemuan ini menghasilkan Rencana Pelaksanaan
Pembelajaran ( RPP ) siklus berikutnya.
7.
Pertemuan
7 ( Teknologi Informasi dan Komunikasi )
Pertemuan 7 dilaksanakan di SD
Negeri Sumberlesung 01 Kecamatan Ledokombo karena di sekolah ini telah tersedia
laboratorium komputer yang lengkap. Pada pertemuan ini materi yang disampaikan
adalah:
A0 Pengenalan Komputer
A1 Operasi Dasar Komputer
B1 Membuat Naskah Sederhana
dengan Microsoft Word
B2 Membuat Naskah dengan
Daftar dan Tabel
8.
Pertemuan
8
Pertemuan 8 ( delapan )
dilaksanakan dengan materi sebagai berikut:
B3 Membuat Naskah berisi
Rumus/ Formula
C1 Membuat Lembar Kerja
Sederhana dengan Microsoft Excel
D1 Membuat Slide Presentasi
E1 Menggunakan Browser dan
Mesin Pencari
D.
Pertemuan FKKG
Pelaksanaan
pertemuan Forum Kelompok Kerja Guru ( FKKG ) selama kegiatan tahap 1 ( satu )
dilaksanakan 3 kali pertemuan. Pertemuan bertempat di Kantor Dinas Pendidikan
Kabupaten Jember. KKG Gugus 03 Kecamatan Ledokombo diwakili oleh Ketua dan
Sekretaris. Pada pertemuan FKKG merupakan pertemuan yang digunakan sebagai
sarana bertukar pendapat, bermusyawarah tentang masalah-masalah yang dihadapi
oleh masing-masing Kelompok Kerja. Dalam forum ini juga terjalin komunikasi
antara Kelompok Kerja dengan Distric Core Trainer ( DCT ).
BAB IV
RANGKUMAN HASIL EVALUASI MANDIRI
Evaluasi dilakukan sebagai
salah satu fungsi kontrol terhadap pelaksanaan kegiatan dan untuk mengetahui
keberhasilan peserta, penyaji dan pelaksanaan kegiatan serta sebagai usaha
untuk penyempurnaan program selanjutnya. Evaluasi dilaksanakan di awal program,
di tengah program dan di akhir program. Monitoring dan Evaluasi dilakukan oleh berbagai
pihak diantaranya oleh LPMP, DCT, Pengawas TK/ SD, Kepala Sekolah dan KKG
sendiri.
Evaluasi mandiri yang
dilaksanakan oleh sekolah dan Kelompok Kerja ( KKG ). Berikut rangkuman hasil
evaluasi mandiri yang dilakukan oleh sekolah maupun KKG:
a.
Kelengkapan
sarana dan prasarana yang menunjang kegiatan masih kurang terlihat dengan
banyak peralatan yang diadakan secara sewa seperti proyektor, laptop dan
pengeras suara sehingga pada tahap berikutnya dapatnya untuk mengadakan sendiri
peralatan tersebut.
b.
Jadwal
pelaksanaan kegiatan yang direncanaan tidak sesuai dengan kenyataan di
lapangan, ada beberapa kegiatan yang berbenturan dengan kegiatan FKKG di
Kabupaten sehingga jadwal mengalami perubahan. Pada tahap pelaksanaan
berikutnya perlu diadakan koordinasi matang dengan FKKG agar pelaksanaan
kegiatan sesuai dengan jadwal yang ada.
c.
Narasumber/
Fasilitator yang ada semestinya memanfaatkan sumber daya manusia Guru Pemandu
yang berasal dari anggota KKG sendiri.
d.
Guru
Peserta seharusnya lebih berkomitmen dalam melaksanakan tugas mandiri agar
pelaksanaan program dapat berjalan lancar.
e.
Penempatan
Jadwal pelaksanaan diusahakan pada hari Jum’at atau Sabtu sehingga mengurangi
terganggunya pelaksanaan kegiatan pembelajaran di sekolah.
f.
Beberapa
peserta masih belum mampu untuk melakukan kajian kritis dengan baik hal ini
dikarenakan masih kurangnya pengetahuan tentang penelitian tindakan kelas. Seharusnya
pelaksanaan kajian kritis dilaksanakan setelah peserta menerima materi secara
keseluruhan tentang PTK atau pada pertemuan 6 ( enam )
BAB V
KESIMPULAN DAN REKOMENDASI
A. Kesimpulan
Peningkatan
profesionalisme guru melalui KKG/MGMP menjadi tanggung jawab guru, pengawas dan
kepala sekolah sebagai mitra kerja, sehingga guru mampu memiliki kompetensi
yang dipersyaratkan. Kompetensi tersebut adalah kompetensi pedagogik,
kepribadian, sosial dan kompetensi profesional.
Kegiatan
pelatihan program bermutu KKG Gugus 03 Kecamatan Ledokombo ini dilakukan dengan
tujuan untuk memperbaiki mutu profesional guru dalam proses pembelajaran
melalui Kegiatan Kelompok Kerja Guru ( KKG ). Melalui kegiatan ini diharapkan
dapat mendukung terwujudnya pendidikan yang berkualitas melalui proses
pembelajaran yang dapat dilaksanakan dan terjangkau bagi pendidik dan tenaga
kependidikan anggota KKG Gugus 03 Kecamatan Ledokombo sehingga mampu
menghasilkan sumber daya manusia yang memiliki keunggulan global.
B.
Rekomendasi
Kegiatan
KKG model bermutu yang dilakukan KKG Gugus 03 dengan tujuan untuk memperbaiki
mutu profesional guru dalam proses pembelajaran melalui KKG diharapkan terus
berlanjut.
Kegiatan
ini juga perlu ditingkatkan dari segi kualitas dan kuantitas agar sumber daya
manusia guru anggota KKG mengalami peningkatan mutu keilmuan. Selain itu
dukungan, kesempatan dan kerjasama dari LPMP, LPTK, DCT, Dinas Pendidikan
Kabupaten Jember, Pengawas TK/ SD, Kepala Sekolah dan semua pihak sangat
diperlukan demi terlaksananya kegiatan dan tercapainya tujuan kegiatan.
DAFTAR LAMPIRAN
Lampiran 1 BIODATA PESERTA
Lampiran 2 ABSENSI PESERTA
Lampiran 3 HASIL EVALUASI MANDIRI
OLEH SEKOLAH
Lampiran 4 HASIL EVALUASI MANDIRI
OLEH KKG
Lampiran 5 DOKUMEN HASIL KEGIATAN ( CASE STUDY )
Lampiran 6 DOKUMEN HASIL KEGIATAN
( KAJIAN KRITIS )
Lampiran 7 FOTO-FOTO KEGIATAN
Lampiran 8 LAPORAN KEUANGAN DAN
BUKTI PENGELUARAN
![]()
BIODATA
PESERTA
![]()
ABSENSI
PESERTA
![]()
HASIL
EVALUASI MANDIRI
OLEH
SEKOLAH
![]()
HASIL
EVALUASI MANDIRI
OLEH KKG
![]()
CASE
STUDY PESERTA
![]()
KAJIAN
KRITIS PESERTA
![]()
FOTO-FOTO
KEGIATAN
![]()
LAPORAN
KEUANGAN DAN BUKTI-BUKTI PENGELUARAN
|
i
ii
iii
v
1
2
2
3
3
4
4
4
4
4
5
5
5
6
9
9
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar