Selasa, 09 September 2014

contoh laporan kegiatan ekstra pramuka






HALAMAN PENGESAHAN


Laporan kegiatan Ekstrakulikuler Pramuka tahun 2014 ini telah diterima dan disahkan oleh Kepala Madrasah selaku Kamabigus Madrasah Ibtidaiyah Negeri Sendanglo Simo Boyolali.

Di        :
Pada    :


Mengetahui,
Kamabigus MI Negeri Sendanglo Simo Kab. Boyolali




Drs. Sugiyanto
NTA







KATA PENGANTAR

ÉOó¡Î0 «!$# Ç`»uH÷q§9$# ÉOŠÏm§9$#
Alhamdulillah segala puji bagi Allah, Tuhan semesta alam yang telah melimpahkan rahmatNya kepada penulis, sehingga dapat menyelesaikan laporan kegiatan ekstrakulikuler pramuka di MIN Sendanglo Simo Kab. Boyolali pada tahun 2014.
Laporan kegiatan Ekstrakulikuler ini merupakan catatan pelakasanaan kegiatan Ekstrakulikuler Pramuka selama 1 tahun 2014. Penulisan laporan ini diharapkan sebagai bahan untuk pelaksanaan evaluasi kegiatan ekstrakulikuler  Pramuka selama 1 tahun dan juga dihapakan sebagai acuan untuk pelakasanaan kegiatan Ekstrakulikuler pramuka ditahun berikutnya.
Kegiatan ekstrakulikuler pramuka merupakan sarana pengembangan bakat dan minat siswa MIN Sendanglo Simo Kab. Boyolali serta sebagai wadah pembinaan mental dan kedisplinan siswa siswi MIN Sendanglo Simo                  Kab. Boyolali. Dengan adanya kegiatan Ekstrakulikuler pramuka ini diharapkan sikap kedisiplinan, keberanian serta mental yang baik dari siswa siswi dapat terbentuk. Untuk itu sangat diperlukan kelanjutan dari kegiatan ekstrakulikuler pramuka ini.

Sendanglo,               2014
Penulis







DAFTAR ISI


Halaman
Halaman Judul
Halaman Pengesahan
Kata Pengantar
Dfatar Isi
BAB I PENDAHULUAN
A.    Latar Belakang Kegiatan
B.     Tujuan Kegiatan
C.     Ruang lingkup Kegiatan
D.    Hasil Yang Diharapkan
E.     Manfaat kegiatan
BAB II URAIAN KEGIATAN
A.    Jenis Kegiatan
B.     Waktu dan Tempat Kegiatan
C.     Persiapan dan Perencanaan Kegiatan
D.    Pelaksanaan Kegiatan
E.     Kendala dalam Pelaksanaan Kegiatan
F.      Solusi yang Dilakukan
BAB III PENUTUP
A.    Simpulan
B.     Saran

Lampiran
-          Jadwal kegiatan ekstra pramuka tahun 2014
-          Foto kegiatan ekstra pramuka
i
ii
iii
iv

1
2
2
3
3

4
4
4
5
6
6

8
9


 


BAB I
PENDAHULUAN

A.    Latar Belakang Kegiatan
Fenomena yang tampak pada anak didik sekarang ini adalah adanya kecenderungan perilaku menyimpang. Meskipun banyak pula yang pandai, santun, kreatif dan taat agama. Tetapi fenomena yang berkembang adalah kecenderungan untuk berperilaku menyimpang seperti pemakaian narkoba, pergaulan bebas mapun keterlibatan dalam tindak kejahatan dan kekerasan.
Untuk mengantisipasi atau meminimalkan perkembangan perilaku negative pada anak, banyak sekolah yang mengadakan berbagai kegiatan. Kegiatan yang dimaksud sekolah ini untuk memyalurkan bakat dan minat siswa juga untuk mengarahkan energy siswa pada hal-hal yang positif.
Bentuk kegiatan ekstra beraneka ragam bidangnya. Ada bidang seni misalnya tarik suara, lukis, rebana, tari, atau seni bela diri.. Ada juga dibidang olah raga seperti basket, volley, sepak bola maupun atletik. Selain kedua bidang itu masih ada kegiatan ekstra lain misalnya pramuka, PMR, KIR atau paskibraka. Semua kegiatan ekstra itu bertujuan positif yaitu mengembangkan bakat dan minat siswa.
Madrasah merupakan salah satu lembaga penyelenggara kegiatan pembelajaran. Sebagai penyelenggara pendidikan tentunya segala kegiatanya mengacu pada aktifitas yang bertujuan untuk mengembangkan segala potensi yang ada pada siswa. Untuk mencapai hal itu dilakukanlah kegiatan-kegiatan di madrasah, baik kegiatan intrakurikuler maupun ekstrakurikuler. Maura dari kedua kegiatan ini hanya satu yaitu untuk mengembangkan potensi pada anak agar lebih dewasa.
Salah satu kegiatan ekstrakurikuler yang dilaksanakan di MIN Sendanglo Simo Kab. Boyolali adalah kegiatan ekstra pramuka. Ekstra pramuka merupakan ekstra yang sifatnya wajib. Meskipun kegiatan ini hanya bersifat ekstra tetapi banyak hasil positif yang bisa rasakan dari kegiatan ini. Dalam kegiatan kepramukaan banyak aspek yangdikembangkan baik fisik mapun non fisik.
Dengan dasaritu maka sangat besar peranan kegiatan ekstra pramuka dalam mengembangkan potensi siswa. Karena pramuka bukan hanya identik dengan tepuk dan menyanyi tetapi lebih dari itu. Fisik dan mental juga menjadi bagian yang tak terlupakan dalam kegiatan pramuka.

B.     Tujuan Kegiatan
Secara umum tujuan dari kegiatan pramuka ekstra adalah untuk menampung dan menyalurkan bakat dan minat anak. Baik yang bersifat fisik maupun mental.
Sedangkan secara khusus kegiatan ekstra pramuka memiliki tujuan untuk mengembangkan segala potensi yang ada pada siswa, baik secara fisik                        ( jasmani ) maupun mental ( rohani )

C.     Ruang Lingkup Kegiatan
Raung lingkup kegiatan ekstra pramuka mencakup 2 hal yaitu :
1.      Fisik
Kegiatan fisik yang dikembangkan dalam kegiatan ekstra pramuka dikemas dengan berbagai macam kegiatan seperti PBB, haling rintang, wade game atau penjelajahan, permainan, dan lain sebagainya. Meskipun kegiatan ini sangat melelahkan tetapi selalu dikemas dalam kegiatan yang menyenangkan. Sehingga rasa lelah tidak terasa.

2.      Mental
Selain kegiatan fisik, aspek mental juga menjadi bagian yang tak terpisahkan dalam kegiatan pramuka. Bentuk kegiatan yang dapat diaplikasikan untuk kegiatan ini antara lain renungan malam, mapun kegiatan salat berjamaah.


D.    Hasil Yang diharapkan
Kegiatan ekstra mengemban tugas yang mulia dalam mengmbangkan potensi anak didik. Telah dijelaskan tadi bahwa, bukan hanya fisik saja yang dikembangkan tetapi juga mentalnya. Selain itu juga dikembangakn berlatih hidup secara mandiri maupun belajar menghargai orang lain dalam kelompok.
Sebagian besar potensi yang ingin dikembangkan tercover dalam Syarat Kecakan Umum. Potensi yang ingin dikembangkan sesuai dengan tingkatan pramuka. Mulai siaga mula, siaga bantu maupun siaga tata. Begitu juga dengan penggalang, baik penggalang ramu, penggalang rakit, penggalang terap. Di Syarat Kecakan Umum sudah tercantum aspek fisik, maupun mental yang harus dikuasai anak berdasarkan tingkat pramuka.
Pada muaranya siswa yang mengikuti ekstra pramuka akan memiliki jiwa yang termaktub dalam dwi darma dan dwi satya bagi pramuka siaga dan dasa darma dan tri satya untuk penggalang.

E.     Manfaat Kegiatan
Kegiatan ekstra pramuka sangat beraneka ragam. Tentunya dari berbagai kegiatan itu memiliki manfaat yang beraneka ragam juga.
Diantara manfaat kegiatan ekstra pramuka antara lain :
1.      Meningkatkan iman dan takwa kepada Tuhan Yang Maha Esa
2.      Memupuk jiwa kedisiplinan, bertanggung jawab.
3.      Mengembangkan rasa percaya diri dan berani
4.      Memupuk jiwa seni
5.      Meningkatkan rasa cinta pada sesama, lingkungan, tanah air dan bangsa
6.      Menumbuhkembangkan rasa kesetiakawanan social






BAB II
URAIAN KEGIATAN

A.    Jenis Kegiatan
Jenis kegiatan yang dimaksud adalah kegiatan ekstra pramuka. Baik pramuka penggalang maupun pramuka siaga. Pramuka siaga di MIN Sendanglo Simo Kab. Boyolalai terdiri dari siswa kelas III dan Kelas IV. sedangkan untuk pramuka penggalang terdiri atas kelas V dan VI.

B.     Waktu dan Tempat Kegiatan
Kegiatan ekstra pramuka siaga dan pramuka penggalang MIN Sendanglo Simo Kab. Boyolali sebagian besar dilaksanakan di komplek MIN Sendanglo Simo Kab. Boyolali. Untuk kegiatan haling rintang atau penjelajahan mengambil tempat lingkungan sekitar MIN Sendanglo Simo Kab. Boyolali tetapi kadang sampai di wilayah desa Bendo.
Kegiatan ekstra pramuka semula dilaksanakan setiap hari juma’at setelah dhuhur atau sekitar jam 14.00 WIB tetapi karena cuaca yang tidak memungkinkan sekarang dilaksanakan setiap hari sabtu setelah pulang sekolah. Hal ini untuk mengantisipasi menurunnya jumlah peserta.

C.     Persiapan dan Rencana Kegiatan
Kegiatan akan dapat berjalan dengan lancer apabila ada persiapan yang matang. Kadang persiapan sudah direncanakan dengan matang masih ada kendala yang membuat kegiatan berjalan tidak lancer. Oleh karena itu sangat penting kegiatan persiapan untuk dilaksanakan.
Begitu pula dengan kegiatan ekstra pramuka di MIN Sendanglo Simo Kab. Boyolali. Kegiatan persiapan dan perencanaan yang dilaksanakan meliputi penyiapan alat ayang akan digunakan  mapun pembuatan jadwal materi. Selain penyusunan jadwa materi juga disusun jadwal pembinanya.
Apabila kegiatan yang akan dilaksnakan membutuhksn biaya, maka satu minggu sebelum pelaksanaan kegiatan para Pembina mengajukan permohonan dana atau proposal kepada bendaha madrsaha dengan diketahui oleh kamabigus. Untuk kegiatan harian yang membutuhkan dana biasanya diambilkan dari kas pramuka.
Sebagai evaluasi dari kegiatan penyampaian materi ekstra pramuka adalah diadakanya kegiatan PERSAMI ( Perkemahan Sabtu Minggu ). Kegiatan ini biasanya dilaksanakan mendekati tanggal 14 agustus. Hal ini dimaksudkan untuk memperingati hari pramuka dan evaluasi, sejauhmana siswa menerima materi pramuka dan mengaplikasikannya.

D.    Pelaksanaan Kegiatan
Untuk pelaksanaan kegiatan bisa dilihat pada jadwal kegiatan. Untuk kegiatan harian, kegiatanya meliputi :

No
Waktu
Kegiatan
Keteangan
1
11.00-11.20
Upacara Pembukaan

2
11.20-11.35
Presensi

3
11.35-12.30
Salat jamaah dhuhur

4
12.30-13.30
Materi

5
13.30-13.45
Istirahat

6
13.45-14.45
Lanjutan materi

7
14.45-15.00
Upacara penutupan

8
15.00-…..
Sayonara


Kegiatan harian ini bias sewaktu-waktu berubah, tergantung pada situasi saat itu. Misalnya apabila sedang hujan, maka kegiatan upacara pembukaan diganti dengan berdo’a di dalam kelas kemudian dilanjutkan dengan jadwal selanjutnya. Begitu pula untuk upacara penutupan, diganti dengan berdoa bersama-sama.
Untuk kegiatan selama satu semester terlampir.
Sebagai bukti pelaksanaan kegiatan dilampirkan pula sebagian foto-foto kegiatan ekstra pramuka di MIN Sendanglo Simo Kab. Boyolali.

E.     Kendala dalam Pelaksanaan Kegiatan
Setiap kegiatan dalam pelaksanaanya tentu mengalami kendala. Mengingat tujuan yang sangat baik untuk kegiatan ekstra pramuka ini, maka setiap kendala bukan menjadi penghalang dalam pelaksanaan kegiatan ini.
Adapun kendala yang dihadapi dalam pelaksanaan kegiatan ekstra pramuka ini adalah :
1.      Cuaca musim hujan
2.      Alat yang masih minim.
3.      Kurangnya semangat siswa dalam mengikuti kegiatan
4.      Lokasi kegiatan yang sempit.

F.      Solusi yang Dilakukan
Untuk mengatasi kendala dalam pelaksanaan kegiatan langkah-langkah yang dilakukan adalah :
1.      Melaksanakan kegiatan di dalam ruangan.
Hujan bukan merupakan kendala. Kegiatan kepramukaan masih bias dilaksanakan di dalam kelas. Hal ini dilakukan dengan cara menyetting kelas agar lebih terbuka. Yaitu dengan menggabungkan kelas III dan kelas IV menjadi suatu raungan. Hal ini sangat memungkinkan karena antara kelas III dan kelas IV terdapat penyekat yang tidak permanen.
2.      Menambah alat agar kegiatan lebih bervariasi.
Untuk alat-alat yang harganya relative murah, maka dan pengadaanya di ambil dari kas pramuka. Sedangkan peralatan yang membutuhkan dana agak banyak pengadaanya dengan mengajukan proposal ke bendahara madrasah.
3.      Member hadiah setiap kegiatan.
Untuk memacu semangat siswa dalm mengikuti kegiatan, maka setiap akhir kegiatan sering diadakan lomba. Hadiahnya diambil dari uang kas. Ternyata hal ini sangat efektif untuk memacu semangat siswa dalam mengikuti kegiatan pramuka.
4.      Melaksanakan kegiatan di lapangan atau di tempat lain.
Halaman MIN Sendanglo Simo Kab. Boyolali tidak terlalu luas. Oleh karena itu bila keadaan memungkinkan kegiatan di alihkan di lapangan. Bahkan kegiatan kadang dilaksanakan di halaman Balai Desa Temon. Selain kedua tempat itu lokasinya luas juga dapat menarik perhatian dari masyarakat sekaligus membuktikan bahwa MIN Sendanglo Simo Kab. Boyolali itu hidup. Terbukti dengan adanya salah satu kegiatanya yaitu ekstra pramuka.





















BAB III
PENUTUP

A.    Simpulan
Anak didik mempunyai berbagai macam potensi yang harus digali. Melalui berbagai kegiatan baik intrakurikuler  maupun ekstrakurikuler, maka akan dapat diketahui bakat atau potensi yang ada pada anak didik. Setelah diketahui potensinya, maka para pendidik tinggal menyarankan pada anak didik untuk mengikuti kegiatan yang sesuai dengan bakatnya tersebut.
Salah satu kegiatan yang dapat dijadikan media untuk menyalurkan bakat dan minat adalah kegiatan ekstrakurikuler. Biasanya kegiatan ini dilaksanakan setelah jam pelajaran. Kegiatan ekstra yang ada di MIN Sendanglo Simo Kab. Boyolali antara lain, pramuka, rebana dan olah raga.. Kegiatan ekstra pramuka ini diikuti oleh kelas III sampai kelas VI. Untuk kelas kegiatan ini hanya diikuti dalam kurun waktu satu semester. Untuk semester dua kelas VI waktunya sudah banyak disita untuk kegiatan tambahan pelajaran atau les. Mengingat begitu banyaknya peserta ekstra pramuka ini, maka perlu adanya Pembina yang banyak dan keterlibatan semua elemen madrasah.
Penerapan kegiatan ekstra pramuka ini sudah dapat dilihat hasilnya. Selain tingkat kedisiplinan dan solidaritas anak mulai terlihat dan juga nama MIN Sendanglo Simo Kab. Boyolali mulai dikenal oleh pihak luar. Hal ini disebabkan adanya sejumlah prestasi yang diraih oleh MIN Sendanglo Simo Kab. Boyolali di bidang kepramukaan. Diantara prestasi yang diraih adalah juara I lomba senam pramuka pa, juara III lomba senam pramuka pi dan lomba cerdas cermat materi pramuka sebagai juara I untuk pi. Semua lomba diadakan dengan perserta dari kecamatan Simo, Kecamatan Andong, Kecamatan Klego, Kecamatan Karanggede, Kecamatan Kemusu dan sekitarnya. Lomba ini diadakan oleh Mts Ma’arif Kacangan Andong Kab. Boyolali.
Demikian besar manfaat dari kegiatan ekstra ini, maka sudah selayaknya kegiatan ekstra ini untuk dijadwalkan secara rutin setiap tahunnya. Meskipun untuk tingkat Kecamatan Simo sendiri jarang ada event atau lomba kepramukaan. Namun demikian tujuan utama dari kegiatan ekstra ini bukanlah untuk mencari prestasi, melainkan untuk meningkatkan ketakwaan, kedisiplinan, setia kawan, rela berkorban dan kepedulian.

B.     Saran
Dari simpulan diatas dapat diketahui betapa pentingnya kegiatan ekstrakurikuler di sekolah atau madrasah. Untuk itu penulis menyarankan :
1.      Sekolah atau madrasah perlu sekali mengetahui dan mengembangkan bakat dan minat anak didik.
2.      Semua elemen madrasah perlu terlibat dalam kegiatan ekstra pramuka, bukan hanya pembina pramuka saja.
3.      Gaung MIN Sendanglo Simo Kab. Boyolali semakin terdengar dengan adanya prestasi dibidang kepramukaan, maka perlu ditingkatkan lagi dalam pelaksanaanya.
4.      Perlu adanya wahanya untuk menguji kemampuan anak dibidang kepramukaan, misalnya lomba penggalang tingkat kecamatan.

11 komentar: